Mengajarkan perkalian pada anak kecil

Mengajarkan perkalian pada anak kecil


Memberikan layanan pembelajaran tentunya tak hanya di sekolah namun kita sebagai orang tua juga memiliki peran penting dalam proses pembelajaran anak. Bahkan boleh saya bilang belajar di rumah oleh orang tua menjadi penentu apakah anak kita nanti memiliki kemampuan yang mumpuni dalam memecahkan masalah konteks dalam perkembangan kehidupannya sampai anak kita tua nanti. Pada kali ini akan kami bahas bagaimana cara mengajarkan perkalian pada anak.

Pengetahuan dalam mengajarkan perkalian termasuk pengetahuan dasar siswa, dan proses pengenalan tentang konsep perkalian memang tidak begitu selancar ketika kita mengajarkan penjumlahan atau perkalian. Nah dengan pengetahuan ini anda baik sebagai pendidik maupun sebagai orang tua harus mengajarkan perkalian sesuai dengan perkembangan anak atau siswa. 

Anak kecil biasanya memiliki kesulitan tersendiri dalam memahami konsep perkalian. Ini semua di mungkinkan karena guru dan orang tua kebanyakan mengajarkan perkalian kepada anak dengan metode menghafal tanpa tahu konsep real nya. 

Untuk mengajarkan konsep perkalian dengan real ada harus melihat dulu apa saja objek objek benda atau binatang disekitar lingkungan anak dan yang pasti di kenal oleh anak.   Teori yang saya pakai atalah teory Enaktif , ikonik dan simbolik. Ingat berdasarkan teori perkembangan anak bahwa anak berkembang harus menyesuaikan tingkat berpikir yang rendah kepada tingkat yang lebih rumit. Konsep enaktif ikonik dan simbolik adalah teori yang cocok dan relefan dan sudah terbukti dalam memberikan pembelajaran bermakna kepada siswa. 
 Memberikan layanan pembelajaran tentunya tak hanya di sekolah namun kita sebagai orang tu Mengajarkan perkalian pada anak kecil

Coba kita pelajari dan lakukan dengan sabar 

1. Tahap enaktif 

a. Perkalian dengan angka 1, 
anda bisa menggunakan binatang ayam atau kambing atau binatang apapun yang ada di sekitar anak. Objek yang akan di gunakan adalah kepala ayam. Jumlah kepala binatang kebanyakan adalah 1 bahkan hampir seluru binatang. 

Ajarkan anak untuk menghitung kepala ayam jika ayamnya ada 1, menghitung kepala kambing jika kambingnya ada dua dan seterusnya. 

b. Perkalian dengan angka 2 
Yang menjadi objek adalah binatang berkaki 2, misalkan saja ayam, objek yang harus di amati anak adalah banyaknya kaki ayam. Anda bisa meminta anak berapa banyak kaki ayam jika ayamnya ada 1, kemudian tingkatkan lagi berapa jumlah kaki ayam jika ayamnya ada dua dan seterusnya

Untuk perkalian 3 dan seterusnya ada bisa menggunakan objek yang sesuai misal perkalian dengan angka 3 maka anda bisa melatih siswa untuk menghitung banyak roda pada becak jika banyak becak 1, berapa roda becak jika banyak becak 2 dan seterusnya.

Untuk perkalian empat maka anda bisa kasih contoh tentang kaki sapi. Tanyakan dengan hal yang sama seperti langkah di atas.

Lakukan hal ini sampai anak lancar dulu. Mungkin langkah ini akan lancar dalam waktu sekitar 2 minggu. lalu lanjutkan pada tahap ikonik.

2. Tahap ikonik
Tahapan ikonik adalah merubah kontek real kedalam kontek gambar. 

jadi misalkan perkalian angka 2 maka sediakan gambar 2 bebek siswa di mita untuk menghitung berapa jumlah kaki bebek pada keseluruhan gambar. 
lakukan kegiatan ini selama 1 minggu. Dengan kegiatan ini akan mengarahkan anak anda untuk mengalihkan kontek real kedalam kontek gambar.

3. Tahap simbolik.
Tahap simbolik ini artinya mengubah gambar gambar pada tahap ikonik menjadi simbol simbol bilangan. 

Misalkan gambar 3 bebek dan yang diminta adalah menghitung banyak kaki bebek maka ada bisa menuliskan 

3 x 2 = 
3 x 2 artinya ada 3 bebek diminta mengitung kaki bebek yang masing masing berjumlah 2

lalu bagai mana jika pertanyaannya 

6 x 4 = 
artinya kira kira ? 
ya betul artinya ada 6 sapi anda diminta menhitung banyak kaki sapi dengan masing masing banyak kaki 4. 

Dengan demikian pasti anak kita akan cepat melakukan penyerapan dan mudah dalam mempelajari perkalian. 

Nah kalau anak anda sudah mahir maka pekerjaan anda dalam mengajarkan perkalian kepada anak akan benar benar bermakna kepada anak. Kebermaknaan pembelajaran oleh anak kita akan membuat dan meningkatkan motivasi dalam mempelajari pelajaran pelajaran yang kain. 

anda bisa mengambil instrumen cara mengajarkan perkalian pada anak dengan download dibawah ini

0 Response to "Mengajarkan perkalian pada anak kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel